Papers Ekonomi Politik Internasional

TUJUAN KEBIJAKAN EKONOMI


Banyak sains belajar tentang mengenal dunia. Beberapa dari mereka memeriksa peristiwa alam (phénoménes) dan beberapa memeriksa peristiwa sosial. Ilmu-ilmu yang meneliti struktur materi disebut ilmu alam. Ilmu-ilmu yang meneliti berbagai aspek pengembangan masyarakat disebut ilmu sosial. Itu adalah ilmu sosial. Ekonomi politik Marxis-Leninis adalah divisi yang mengintegrasikan satu sains dan Marxisme. Marxisme-Leninisme adalah ilmu tentang hukum pembangunan masyarakat, revolusi sosialis, kediktatoran proletariat. Marxisme adalah badan ilmu yang koheren, yang terdiri dari tiga bagian, termasuk filsafat, ekonomi politik, dan teori ilmiah komunisme. Di sini, ekonomi politik memiliki tempat yang penting, yang menunjukkan ciri-ciri dasar kehidupan masyarakat manusia.

Produksi Aset Material yang Merupakan Dasar Kehidupan Masyarakat 


Sosial Sejak zaman kuna, orang telah mencoba menjelaskan perkembangan masyarakat manusia. Berbagai pemikiran telah dikemukakan dalam hal ini. Juru bicara yang mewakili aliran agama berpendapat bahwa semua kemajuan tergantung pada kehendak Tuhan.
Mereka melaju. Namun, sains dan praktik membuktikan bahwa kekuatan gaib tidak ada. Kesimpulan yang dicapai hari ini dan pandangan yang dibagikan oleh banyak sarjana borjuis saat ini berada di pusat bahwa evolusi masyarakat tergantung pada batas tertentu pada lingkungan geografis, yaitu kondisi alam (seperti iklim, tanah, tambang, dll.)

Tidak diragukan lagi, lingkungan geografis adalah salah satu syarat wajib untuk pengembangan masyarakat; tetapi ini tidak menentukan. Misalnya, dalam tiga ribu tahun di Eropa, tiga tata letak yang berbeda, bahkan empat tata letak di bagian tengah dan timur Eropa, saling mengikuti. Namun, pada periode yang sama, kondisi geografis Eropa telah mengalami sedikit perubahan untuk diperhitungkan. Beberapa dari mereka dipengaruhi oleh aliran sejarah hanya di antara orang-orang terkemuka, negarawan, komandan, dll.

Mereka berpendapat bahwa itu tergantung pada keinginannya. Pada kenyataannya, orang-orang ini dapat mempercepat atau menunda kedatangan peristiwa, tetapi mereka tidak dapat mengubah jalannya sejarah. Jadi apa yang menentukan perkembangan sejarah? Karl Marx menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu. Orang membutuhkan nutrisi, pakaian, sepatu, tempat berlindung, dan aset materi lainnya untuk hidup. Jadi orang harus bekerja untuk menghasilkan dan memproduksinya. Setiap masyarakat yang menghentikan produksi aset material menghilang.

Oleh karena itu, produksi aset berwujud adalah awal dari keberadaan dan perkembangan setiap masyarakat. Apa yang dipahami dalam hal produksi aset berwujud? Proses produksi meliputi tenaga manusia, alat bisnis dan masalah bisnis. Tenaga kerja (kerja, kerja) adalah upaya manusia yang berguna untuk produksi aset material. Dengan bekerja, manusia memiliki efek pada alam untuk membuatnya cenderung memenuhi kebutuhannya. Pekerjaan hanya manusia, berkelanjutan dan secara alami diperlukan dan merupakan kondisi pertama kehidupan manusia. dan jembatan, semua alat transportasi, saluran, fasilitas listrik, dll. alat bisnis dihitung. Toprak juga merupakan alat bisnis universal. Dan di antara semua alat bisnis, peran yang menentukan adalah alat produksi.
Kekuatan dampak manusia terhadap alam tergantung pada alat kerja yang digunakan oleh manusia. Ini adalah masyarakat primitif, dan manusia menggunakan batu, tongkat sebagai alat produksi. Seringkali dia tidak berdaya melawan alam. Saat ini, manusia melakukan bisnis dengan bantuan mesin yang kuat. Karena itu, dominasinya yang sangat besar terhadap alam.
Marx menentukan bahwa periode ekonomi berbeda satu sama lain bukan oleh aset berwujud yang dihasilkan pada waktu itu, tetapi oleh alat kerja yang menghasilkan aset berwujud. Dengan bantuan alat-alat produksi, orang-orang bertindak atas subjek Perburuhan (pekerjaan), yaitu, pada benda-benda yang merupakan tujuan dari pekerjaan manusia. Dan karena kerja manusia diterapkan pada alam yang mengelilinginya, alam (bumi dan subsoil, perairan) adalah subjek studi universal. Semua masalah bisnis ditemukan di alam. Untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, manusia harus menyesuaikan semua pekerjaan (pekerjaan) subjek kepadanya.

Alat bisnis dan subjek bisnis merupakan alat produksi. Namun, wajar bahwa alat-alat produksi tidak dapat menghasilkan aset material sendiri. Tanpa manusia, bahkan teknik yang paling sempurna tetap tidak bergerak. Jadi, tenaga kerja manusia sendirilah yang merupakan faktor penentu dari setiap produksi.

Dalam kata-kata Engels, itu adalah pekerjaan yang menciptakan manusia. Proses produksi tidak dapat dianggap tanpa sarana tenaga kerja. Segala sesuatu yang membantu orang mempengaruhi masalah bisnis dan mengubah penampilan mereka adalah alat bisnis. Mesin dan peralatan, peralatan dan persediaan, gedung bisnis, terowongan.

Kekuatan Produktif dan Hubungan Produksi 


Produksi, terlepas dari tahapannya, selalu melibatkan dua aspek: kekuatan produktif dan hubungan produksi. Dari kekuatan produktif, alat-alat produksi yang diciptakan oleh masyarakat, dan di atas semua orang yang memproduksi alat kerja, serta aset material, dipahami. Di sini, berkat pengetahuan mereka sendiri, percobaan mereka sendiri dan kebiasaan kerja mereka sendiri, mereka memobilisasi dan memberdayakan alat-alat produksi.

Sangat penting untuk menyebutkan orang yang membuat mesin baru dan juga menambah pengetahuan mereka. Dengan tindakan ini, mereka berkontribusi pada produksi kekuatan produktif dan objek material yang terus tumbuh. Tetapi orang-orang menghasilkan aset material, bukan sendiri, tetapi dalam kelompok dan kemitraan, dengan bertindak bersama.

Sebagai contoh, pertimbangkan pabrik sepatu di zaman kita. Berapa banyak pekerja yang bekerja di pabrik untuk membuat komoditas tunggal seperti sepatu? Ratusan bahkan ribuan. Jumlah pekerja yang bekerja dalam pembangunan mesin, kulit, jarum, benang dan barang serupa yang diperlukan untuk pengoperasian pabrik ini jauh lebih banyak daripada jumlah pekerja yang bekerja di pabrik sepatu. Ini menunjukkan bahwa dalam produksi aset berwujud, orang telah menghubungkan diri mereka sendiri dan saling berhubungan dan telah menjalin hubungan tertentu di antara mereka sendiri.
Marx menyebut hubungan perubahan dan distribusi aset berwujud yang terjadi di antara orang-orang dalam proses produksi sebagai hubungan produksi atau hubungan ekonomi. Hubungan ekonomi ini bisa dalam bentuk kerja sama antara orang-orang bebas, bebas dari kerja sama dan segala jenis eksploitasi, atau oleh eksploitasi manusia.

Yang dipertaruhkan di sini adalah tanah dan bawah permukaan, hutan, pabrik, bengkel, alat kerja, dll. yang memiliki kepemilikan alat produksi. Ternyata kepemilikan alat-alat produksi ini bukan milik seluruh masyarakat, tetapi milik orang-orang pribadi, kelompok-kelompok masyarakat, atau kelas-kelas yang terpisah, yaitu, ketika itu dalam bentuk kepemilikan pribadi, dia dibangun di atas hubungan eksploitasi manusia, kedaulatan, dan ketergantungan.

Dalam tatanan kapitalis, pekerja harus bekerja untuk kepentingan kapitalis karena mereka tidak memiliki alat produksi. Dalam tatanan sosialis, alat-alat produksi adalah milik masyarakat, karenanya, tidak ada eksploitasi manusia, dan hubungan antar manusia didasarkan pada kerja sama persaudaraan dan bantuan sosialis.

Sikap masyarakat terhadap alat produksi, tempat dan status mereka dalam produksi, gaya distribusi produk tenaga kerja menentukan. Misalnya, dalam tatanan kapitalis, borjuasi mencakup semua produk yang diproduksi oleh pekerja; namun, sebagian besar pekerja berada dalam kemiskinan.
Dalam rezim sosialis, alat-alat produksi menjadi milik rakyat (harta sosial), objek-objek konsumsi dibagi sesuai dengan kerja setiap orang, promosi terus-menerus dari kehidupan material dan budaya aman untuk semua pekerja. Inilah esensi dari hubungan produksi (hubungan ekonomi) antara manusia.

Sejarah evolusi masyarakat manusia mengakui lima jenis utama hubungan produksi: masyarakat komunal primitif, masyarakat budak, masyarakat feodal, masyarakat kapitalis dan masyarakat sosialis yang sesuai dengan tahap pertama komunisme. Dasar dari masing-masing konfigurasi ini menentukan kepemilikan alat dan alat produksi. Karena itu, dalam tatanan budak, feodal dan kapitalis, hubungan produksi didasarkan pada kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi. Kepemilikan pribadi, di masa lalu dan hari ini, telah menyebabkan masyarakat terbagi dalam kelas-kelas yang bermusuhan dalam bentuk pengeksploitasi dan pengeksploitasi.

Itulah sebabnya perjuangan kelas merupakan kualitas perbudakan, feodalisme, dan kapitalisme. Tidak demikian halnya dalam tatanan sosialis, di sini tidak ada perjuangan kelas, karena alat-alat produksi merupakan kekayaan sosialis sosial; masyarakat terdiri dari kelas-kelas ramah: pekerja, petani dan tingkat sosial para intelektual. Kekuatan produksi dan hubungan produksi membentuk gaya produksi secara keseluruhan.

Meskipun persatuan kekuatan produktif dan hubungan produksi merupakan mode produksi, mereka juga memiliki citra yang berbeda. Ada aksi timbal balik dan pengaruh timbal balik di antara mereka. Pemberdayaan produksi juga mengarah pada pengembangan kekuatan produktif dan hubungan produksi. Kekuatan produktif adalah elemen paling aktif dari gaya produksi; mereka terus berubah; karena orang terus-menerus memberdayakan alat kerja dan melakukan percobaan pada produksi bahan
mereka terus meningkat. Adapun hubungan produksi: mereka juga berubah sesuai dengan perubahan tingkat pengembangan kekuatan produktif dan memiliki pengaruh mereka sendiri pada pengembangan kekuatan ini.

Ketika hubungan produksi sesuai dengan tingkat perkembangan kekuatan produktif, kekuatan produktif menunjukkan perkembangan yang berhasil. Negara-negara sosialis telah memberikan contoh kompatibilitas antara tingkat kekuatan produktif dan hubungan produksi. Di negara-negara ini, ketika alat-alat produksi dibangun di atas properti sosial, produksi berkembang dengan kecepatan yang harmonis, tanpa krisis dan pengangguran.

Hubungan produksi menahan pengembangan produksi ketika tidak sesuai dengan tingkat kekuatan produktif. Negara-negara kapitalis masa kini menyediakan contoh ketidakcocokan antara hubungan produksi dan tingkat kekuatan produktif. Di negara-negara ini, produksi berkembang sangat lambat daripada di negara-negara sosialis dan bahkan menurun selama krisis ekonomi; jutaan buruh kehilangan pekerjaan mereka dan tentara dari para pengangguran menganggur.

Alasan untuk situasi ini yang mencegah pengembangan kekuatan-kekuatan produktif dalam masyarakat borjuis adalah bahwa alat-alat produksi adalah milik kelas kapitalis. Jangkauan kekuatan-kekuatan produktif ke tingkat perkembangan tertentu membutuhkan hubungan-hubungan produksi yang cocok untuk pengembangan kekuatan-kekuatan produktif ini. Ini adalah hukum ekonomi yang ditemukan Marx tentang kecocokan antara kekuatan-kekuatan produktif dan hubungan-hubungan produksi. Undang-undang ini menunjukkan dasar ekonomi dari revolusi sosial.

Ketika hubungan produksi adalah sepatu pengembangan kekuatan produktif, sangat penting bahwa hubungan produksi lama menggantikan hubungan produksi baru. Dalam masyarakat yang terbagi menjadi kelas-kelas yang saling bertentangan, perubahan dalam hubungan produksi selalu terjadi dengan revolusi sosial.

Kelas dengan minat dalam hubungan produksi saat ini tidak meninggalkan tempat mereka dengan hati mereka sendiri. Misalnya, dapatkah kamu kapitalis Amerika Serikat melepaskan kepemilikan, ketertiban, pabrik, kereta api mereka? Tidak, mereka tidak akan pernah menyerah pada salah satu dari mereka, karena properti pribadi telah memberi kesempatan untuk hidup.

Untuk menggantikan hubungan produksi lama yang telah membatasi pengembangan kekuatan produktif dan menggantikannya dengan hubungan produksi yang diperlukan, diperlukan kekuatan sosial yang mampu menghilangkan eksploitasi manusia oleh manusia.

Dalam masyarakat kapitalis, kekuatan ini diwakili oleh kelas pekerja. Dengan sekutunya, kamu tani, dia memiliki kepentingan yang sangat besar dalam menghapus eksploitasi. Namun, dalam masyarakat sosialis, di mana tidak ada kelas yang kontradiktif, pengembangan hubungan produksi tidak terjadi dengan revolusi sosial, tetapi dengan perubahan sistematis yang paralel dengan pertumbuhan kekuatan produktif. Adalah tepat untuk membedakan antara fondasi masyarakat dan cara produksi. Menurut situasi fondasi dan kekuatan produktif pada tingkat tertentu, semua hubungan produksi yang berlaku di masyarakat ini dipahami. Basis masyarakat mungkin dalam oposisi yang antagonis atau tidak kompatibel. Ada oposisi yang tidak dapat didamaikan dalam dasar-dasar masyarakat budak, feodal, dan kapitalis, karena masyarakat ini dibangun di atas properti pribadi dari alat-alat produksi, pada hubungan kedaulatan dan ketergantungan, pada eksploitasi manusia oleh manusia. Tidak ada oposisi yang tidak dapat didamaikan di dasar masyarakat sosialis, dia dibangun di atas kepemilikan sosial dari alat-alat produksi, tanpa eksploitasi apapun.

Yayasan ini mengungkapkan struktur atas yang cocok untuknya dan menentukan perkembangannya. Ketika datang ke suprastruktur, politik, filosofis, hukum, artistik, agama, dll. Konsep dan institusi yang tepat dipahami. Dalam masyarakat kelas, superstruktur adalah kelas. Kelas penguasa menciptakan organisasi yang sejalan dengan pemahamannya sendiri untuk melindungi kepentingannya sendiri. Fondasi hanya ada dalam periode tertentu, seperti pada superstruktur. Ini menyatukan setiap perubahan dasar, perubahan suprastruktur.

Dengan perubahan fondasi feodal dan penggantiannya oleh fondasi kapitalis, suprastruktur kapitalis juga menggantikan suprastruktur feodal; munculnya fondasi sosialis, munculnya suprastruktur sosialis dan suprastruktur kapitalis itu membawa serta kehancuran. Sementara superstruktur dibentuk oleh keseluruhan dan yayasan, beberapa elemen superstruktur baru lahir di jantung masyarakat lama karena ide dan konsep kelas terkemuka muncul di sini.

Misalnya, pembentukan ideologi kelas pekerja, ideologi proletariat kelas revolusioner baru. Superstruktur diciptakan oleh yayasan. Tetapi setelah kelahirannya, dia tidak pasif terhadap fondasi itu, dia bertindak atas dasar itu, membantunya untuk dibentuk dan diperkuat. Binaragawan dapat memainkan peran progresif dan juga peran reaksioner. Struktur atas fondasi kapitalis sangat reaksioner pada saat ini karena, pada tahapnya sekarang, kapitalisme mengembalikan perkembangan kekuatan-kekuatan produktif.

Superstruktur yayasan sosialis juga memainkan peran progresif, sebagai lawan, karena dalam sosialisme, kekuatan politik memfasilitasi pengembangan kekuatan produktif, sehingga berkontribusi pada realisasi persiapan untuk pembentukan masyarakat komunis. Selama penyatuan kekuatan-kekuatan produktif dan hubungan-hubungan produksi terus berlanjut, cara produksi aset-aset material dan superstruktur terkait menciptakan pembentukan sosial-ekonomi.

Sejarah mengakui lima entitas sosial-ekonomi utama: komune primitif, perbudakan, feodalisme, kapitalisme, dan komunisme, tahap pertama adalah sosialisme. Masing-masing memiliki ekonomi, konsep, ide, dan kelembagaan sendiri. Evolusi mereka terjadi dengan transisi dari tingkat yang lebih rendah ke tingkat yang lebih tinggi.

Beginilah feodalisme digantikan oleh kapitalisme dan bahwa kapitalisme digantikan oleh komunisme pada tahap pertama sosialisme. Undang-undang pengembangan masyarakat adalah dasar untuk kemunculan, evolusi, dan lenyapnya formasi sosial-ekonomi.

Hukum Ekonomi Pembangunan Sosial


Dalam doktrin Marxisme-Leninisme, alam dan masyarakat tidak dianggap sebagai peristiwa yang tidak berhubungan. Sebaliknya, peristiwa alam dan topium saling terkait dan saling mengkondisikan dengan efek timbal balik. Komitmen peristiwa yang tulus seperti itu menemukan ekspresinya dalam hukum alam dan evolusi sosial.

Terserah ilmu pengetahuan untuk membawa hukum-hukum ini ke cahaya. Hukum ekonomi menjadi prioritas utama dalam pengembangan masyarakat; Hukum ekonomi menentukan perbedaan dalam hubungan produksi sosial yang dibangun antara manusia, yaitu hukum ekonomi yang menentukan hubungan di bidang produksi, transportasi, perubahan dan konsumsi. Sebagai ilmu, yang terpenting bagi politik ekonomi adalah keberadaan hukum ekonomi untuk pengembangan masyarakat. Hukum alam dan masyarakat memiliki garis yang sama.

Mereka objektif, yaitu, mereka muncul di luar kehendak kita dan bertindak secara independen dari kehendak kita, apakah kita mengenal satu atau yang lain atau tidak. Ini berarti bahwa orang tidak dapat mengubah, mengubah atau menghapuskan mereka.

Mereka juga tidak dapat membuat undang-undang baru. Orang hanya bisa menemukannya. Hukum ini objektif, tetapi bersikap objektif bukan berarti orang tidak bisa menolaknya. Orang-orang dapat mengenalinya dan menggunakannya untuk kepentingan masyarakat. Jadi, proletariat negara-negara sosialis; Setelah belajar tentang hukum kesesuaian hubungan produksi dengan kekuatan-kekuatan produktif, dengan membentuk aliansi dengan kamu tani, di bawah kepemimpinan partai-partai komunis dan pekerja, dia menggulingkan kekuatan para pengeksploitasi dan mulai membangun masyarakat baru. Hukum ekonomi juga memiliki fitur yang membuatnya berbeda dari hukum alam.
Ciri pertama hukum ekonomi adalah durasinya pendek dan hanya berlaku dalam periode sejarah tertentu. Hukum ekonomi bertindak sesuai dengan kondisi ekonomi tertentu, dan hubungan produksi, yang merupakan fondasi masyarakat, harus dievaluasi sesuai dengan kondisi ekonomi ini. Ketika berubah dari satu bentuk ke bentuk berikutnya, hubungan produksi lama digantikan oleh hubungan produksi baru. Ini berarti bahwa beberapa hukum ekonomi ditarik dari sejarah dan diserahkan kepada hukum lain.

Kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi, yang menopang hubungan-hubungan produksi dalam rezim kapitalis, memungkinkan para kapitalis untuk mengeksploitasi kelas pekerja dan mensubordinasikan pengembangan semua produksi untuk mendapatkan keuntungan penelitian.
Kami adalah pemilik perusahaan, dan itu adalah nama perusahaan. Kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi memaksa setiap kapitalis untuk mengembangkan cabang produksi, yang menurutnya lebih menguntungkan baginya, yang tidak termasuk perkembangan ekonomi yang harmonis dalam rezim kapitalis.

Ekonomi kapitalis berkembang atas dasar persaingan dan anarki dalam produksi. Produk adalah nama produk, oleh karena itu, ini adalah bulan pertama dari makalah kami. Hukum ekonomi kapitalisme berakhir dengan penghapusan kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi. Di negara-negara sosialis, dengan penghapusan kepemilikan pribadi kapitalis dari alat-alat produksi, undang-undang ekonomi baru mulai memanifestasikan diri sementara undang-undang lama tidak lagi berfungsi.
Properti sosialis dalam alat-alat produksi membentuk dasar hubungan produksi sosialis. Dalam sosialisme, buruh adalah pemilik alat produksi. Mereka bekerja untuk diri mereka sendiri dan komunitas mereka. Pengembangan produksi tergantung pada peningkatan dan penyelesaian lengkap dari kebutuhan material dan budaya masyarakat.

Semuanya tersedia, dan tersedia untuk pengguna dan pemiliknya. Kepemilikan sosialis atas alat-alat produksi mengubah seluruh ekonomi menjadi satu organisme ekonomi. Namun, ekonomi seperti itu dapat berkembang sesuai dengan rencana.

Hukum ekonomi dasar yang menentukan tujuan utama dan sarana untuk diikuti oleh masyarakat dibedakan. Terlepas dari undang-undang ekonomi khusus, perlu untuk menyatakan undang-undang khusus untuk semua konfigurasi sosial ekonomi, dan khususnya hukum kesesuaian hubungan produksi dengan kekuatan produktif.

Undang-undang ini menyatakan hubungan saling ketergantungan dan wajib antara kekuatan-kekuatan produktif, yang merupakan dua aspek produksi sosial, dan hubungan-hubungan produksi. Fitur kedua dari hukum ekonomi adalah manfaat masyarakat dan penggunaannya. Ketika datang ke perbedaan dari hukum alam, lebih atau kurang mudah untuk menemukan dan menerapkan hukum baru di alam.
Implementasi hukum ekonomi dalam masyarakat kelas mengambil karakter kelas. Ini adalah fitur yang membedakan hukum ekonomi dari hukum alam. Dalam semua mode produksi, apakah itu spontan atau "perlu dipahami dengan baik", hukum ekonomi dapat muncul dan bertindak, yang berarti bahwa hukum ekonomi sengaja dieksploitasi.

Undang-undang ekonomi yang mendominasi kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi bertindak secara spontan, bahkan jika mereka diketahui atau tidak dikenal dalam formasi sosial ekonomi yang berlawanan. Misalnya, dalam tatanan kapitalis, produksi memiliki kualitas sosial; semua lengan saling bergantung satu sama lain.

Tetapi kualitas produksi sosial ini didasarkan pada hak milik pribadi, yaitu, setiap kapitalis ingin memperkaya tujuan egois dan merealisasikan keuntungan maksimum dalam bisnisnya. Hubungan wajib dan proporsi antara cabang-cabang produksi didirikan secara spontan antara penyimpangan terus-menerus dan banyak: komoditas, yang berlimpah pada suatu hari, hampir tidak di hari lain, dll. Karena alasan ini, undang-undang ekonomi memengaruhi setiap kapitalis menurut atasannya, kekuatannya yang tidak dapat diatasi. Tentu saja beberapa Kapitalis mungkin mengetahui hukum ekonomi kapitalisme, tetapi mereka tidak dapat mengubah sifat spontan dari aktivitas hukum ini.
Hukum ekonomi dalam tatanan sosialis dipahami dan digunakan untuk kepentingan masyarakat, berkat kepemilikan sosial dari alat-alat produksi. Dalam sosialisme, aktivitas sadar dan terorganisir dari semua pekerja mempengaruhi penggunaan hukum ekonomi yang objektif. Di negara-negara sosialis, adalah tugas kamu buruh dan partai-partai komunis untuk menemukan dan menerapkan hukum ekonomi yang obyektif untuk membangun masyarakat komunis.

Definisi Ekonomi Politik 


Ekonomi politik mengkaji dasar dari perkembangan masyarakat. Yayasan ini adalah produksi aset berwujud, gaya produksi. Tetapi ekonomi politik memeriksa produksi hanya dalam hal hubungan yang dibangun antara orang-orang dalam produksi.

Ini mengeksplorasi dasar masyarakat. "Ekonomi politik tidak pernah berurusan dengan 'produksi', ini berhubungan dengan hubungan sosial antara orang-orang di bidang produksi, struktur sosial produksi." (V. I. Lenin, Perkembangan Kapitalisme di Rusia, Sol Publications, Ankara 1975.) Di sisi lain, politik ekonomi tidak dapat memperhitungkan hubungan bersama antara kekuatan produktif dan hubungan produksi.

Sekali lagi, ekonomi politik tidak dapat sepenuhnya terputus dari superstruktur, karena superstruktur keluar dari yayasan dan memiliki pengaruh kuat pada yayasan ini yang membuatnya. Karena alasan inilah ekonomi politik mengeksplorasi hubungan produksi (ekonomi) antara manusia.
Dalam hal ini, bentuk kepemilikan alat produksi, keadaan berbagai kelompok sosial dalam produksi dan hubungan yang ada di antara mereka; meneliti cara transportasi barang-barang material. Ekonomi adalah ilmu politik, produksi adalah pengembangan hubungan sosial, yaitu hubungan ekonomi antar manusia.

Politik ekonomi, dalam berbagai tahap perkembangannya, produksi dan Ini menyoroti hukum yang mempengaruhi produksi dan distribusi barang-barang material untuk masyarakat manusia. Definisi ini menunjukkan bahwa ekonomi politik adalah ilmu sejarah. Definisi ini menunjukkan bahwa masyarakat mengikuti progresif, maju dari tahap bawah ke tahap atas dan bahwa seluruh aliran perkembangan sejarah sedang mempersiapkan imperatif obyektif untuk keberhasilan mode produksi sosialis.

Politik ekonomi adalah ilmu kelas, ilmu pesta; menjelaskan hubungan antara orang-orang, antar kelas, minat vital di antara mereka. Apakah tidak terhindarkan bahwa kapitalisme dihapus dari panggung sejarah dan keberhasilan komunisme? Ekonomi politik borjuis, tentu saja, merespons secara negatif terhadap pertanyaan ini karena berkaitan dengan kepentingan rezim yang telah lama menahan perkembangan sosial dan telah putus asa untuk menyingkirkan nasibnya sendiri. Ekonom borjuis telah secara netral menyelesaikan kebenaran sampai kamu borjuis berada dalam zaman kenaikan sebagai sebuah kelas; Pada tahun-tahun itu, perkembangan kapitalisme dan perkembangan masyarakat sedang berlangsung.

Tetapi hari-hari itu telah berlalu. Ekonomi politik borjuis telah bergeser dari karakter ilmiahnya sejak massa pekerja telah menempatkan diri sebagai kekuatan independen melawan borjuasi dan perjuangan kelas telah mencapai tingkat tertentu yang akan mengubah tatanan kapitalis; dan sekarang telah dilakukan untuk mempertahankan kapitalisme dan melawan ideologi kelas pekerja dengan segala cara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel