Makalah Budaya Indonesia, Wisata, Kuliner, Suku dan Bahasa

Indonesia adalah negara yang luar biasa. Nama Indonesia berasal dari bahasa Latin dan bahasa Yunani Indus, dan bahasa Yunani nesos, berarti "pulau". Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari sekitar 17.508 pulau. Ini memiliki 34 provinsi dengan lebih dari 238 juta orang, dan merupakan negara terpadat keempat di dunia. Ibukotanya adalah Jakarta. Apakah Anda ingin menghabiskan liburan Anda di Indonesia? Mari kita baca bagian berikut:

A. Wisata Indonesia 

Indonesia adalah negara yang menarik, jadi ada beberapa alasan untuk mengunjungi Indonesia. Indonesia memiliki banyak tempat wisata. Mereka sangat unik dan mengagumkan. Indonesia adalah pilihan terbaik untuk menghabiskan liburan Anda. Bali adalah salah satu tempat wisata di Indonesia. Saya sangat kasihan ketika beberapa dari Anda mengatakan Bali tidak berlokasi di Indonesia. Mungkin Bali lebih terkenal dari Indonesia, itu membuat beberapa dari Anda tidak tahu lokasi Bali. Tentu saja, Bali adalah tempat wisata paling menarik, tetapi ada tempat wisata lain di Indonesia sebagai alternatif. Ada beberapa kota yang luar biasa, yaitu Lombok, Yogyakarta, Sumatra, Sulawesi, dan sebagainya.

Apalagi orang Indonesia adalah orang yang ramah. Saya pernah bertemu orang Amerika, namanya Jack. Dia mengatakan orang yang paling ramah adalah orang Indonesia. Orang Indonesia berusaha menjadi orang baik. Orang Indonesia juga baik. Saya sangat bangga menjadi orang Indonesia.
Selanjutnya, Indonesia adalah negara maritim. Itu artinya Indonesia memiliki banyak lautan. Anda dapat menikmati pemandangan indah di pantai; Anda bisa snorkeling, menyelam dan sebagainya. Anda juga bisa berjemur di pantai. Saya pikir ini sangat menarik untuk Anda.


B. Tempat Wisata Menarik Di Indonesia 
1. Bali 
  • Monumen Ground Zero terletak di jalan Legian, didirikan dan diresmikan pada 12 Oktober 2004 tepatnya dua tahun peringatan untuk memperingati para korban tragedi bom Bali pertama kali terjadi 12 Oktober 2002. Ledakan terjadi di dua lokasi, Sari Club dan Paddy's Cafe sendiri diperkirakan menelan korban 202 jiwa. Sangat mudah untuk mencapai peringatan Ground Zero, karena monumen ini terletak di jalan Legian ke pantai Kuta. Dari segi arsitekturnya, monumen Ground Zero memiliki bentuk ukiran khas Bali yang disebut "Kayonan", berbentuk seperti daun besar bercat putih yang melambangkan alam semesta dan di bawahnya kita bisa melihat daftar nama-nama korban dari berbagai negara, termasuk korban berasal dari negara kita sendiri, Indonesia.
2. Pantai Kuta
  • Pantai Kuta adalah pantai paling terkenal di Bali dan pertama kali dilihat oleh kebanyakan orang. Selain itu sunset Kuta menjadi tempat nomor satu di Bali, dengan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler setiap hari. Kuta adalah pantai paling populer di Bali dan pulau dengan nomor satu tempat pesta.
3. Garuda Wisnu Kencana (GWK)
  • GWK - singkatan dari Garuda Wisnu Kencana, dilambangkan dengan patung dewa Wisnu, yang berdiri tegak di bukit Unggasan. Patung Dewa Wisnu memiliki ketinggian 20 meter. Di tempat wisata GWK ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam. Patung Dewa Wisnu, dibangun dan diukir oleh pematung terkenal bernama Nyoman Nuarta. Tidak hanya pemandangan indah yang bisa Anda lihat di kawasan wisata GWK, resor ini juga menawarkan berbagai hiburan tradisional seperti Tari Kecak dan Tari Barong dari pagi hingga malam.
4 Tanah Lot
  • Pura Tanah Lot terletak di sisi pesisir desa Beraban, Kecamatan Kediri dan Kabupaten Tabanan. Itu terletak di 30 Km di sisi barat kota Denpasar dan sekitar 11 Km di sisi selatan kota Tabanan. Sebagai tempat wisata favorit di Bali, Tanah Lot memiliki pemandangan indah khususnya pada saat matahari terbenam di mana matahari melambat ke perut bumi. Setiap pengunjung yang berkunjung ke tempat ini akan kagum melihat keindahan panorama Tanah Lot. Selain candi ini, ada candi lain yang dapat dilihat pada kunjungan Anda ke Tanah Lot seperti Kuil Batu Bolong, Kuil Batumejan dan Kuil Enjung Galuh.
5. Nusa Dua Bali
  • Nusa Dua adalah kawasan resor elit dengan hotel dan resor bintang lima internasional yang ada di sisi kosta di bagian selatan Bali. Terletak di Kabupaten Badung dan sekitar 25 menit berkendara dari Bandara Internasional Bali. Nusa Dua dengan ukuran 350 ha adalah contoh area resor mewah dan salah satu tempat wisata terbaik di dunia. Bahkan, nama Nusa Dua berasal dari dua pulau kecil yang terletak di bagian selatan Pulau Bali (Nusa berarti pulau dan Dua berarti dua) yaitu dipisahkan dengan pasir putih.

C. Kalimantan, Indonesia 
Sebelumnya dikenal sebagai Kalimantan, Kalimantan adalah pulau terbesar kedua di dunia. Ada beberapa tempat wisata di Kalimantan.

1. Pulau Derawan
  • Ini adalah tempat favorit untuk wisata bahari. Ada banyak hewan langka seperti penyu hijau, penyu merah, penyu belimbing dan sapi laut. Tempat ini juga merupakan rumah bagi banyak spesies langka tanaman laut dan terumbu karang. Ini juga merupakan tempat yang baik untuk menyelam, menyelam mutiara, memancing, berenang, dan olahraga air lainnya.
2. Bontang
  • Terletak di Kabupaten Kutai dengan 200.000 ha, Bontang memiliki flora dan fauna langka. Taman Nasional Kutai dekat Bontang layak dikunjungi untuk melihat pemandangan, terutama yang ada di Bears Bash.
3. Pontianak
  • Itu adalah ibu kota Kalimantan Barat. Beberapa tempat wisata favorit termasuk Tugu Khatulistiwa, istana Caldaria di Kampong Dalai, Museum Negara, Kapoks dan Jembatan Landau dan pasar terapung.
4. Taman Nasional dan Cagar Alam Gunning Palung
  • Taman Nasional Gunung [Gunung] Palung yang terletak di Kabupaten Ketapang adalah rumah bagi flora dan fauna langka. Gunung Raya Pasi yang terletak di Kabupaten Singkawang juga menarik untuk dikunjungi untuk melihat Rafflesia atau Bunga Raksasa. Singkawang juga merupakan cagar alam. Hutan Sanggau layak dikunjungi di mana mata air panas, danau, dan gua dapat ditemukan.
5. Palangkaraya
  • Palangkaraya adalah ibu kota provinsi Kalimantan Tengah dan terletak di wilayah hulu sungai Kahayan. Saat ini, kota ini telah menjadi pusat pemerintahan, perdagangan dan pendidikan provinsi. Museum Regional Palangkaraya berisi koleksi minat sejarah dan budaya dari seluruh Kalimantan Tengah. Cagar Alam Tangkiling terletak 34 km di utara Palangkaraya.

D. Lombok 
Lombok memiliki pantai yang indah, gunung berapi, dan beragam lanskap. Ini adalah tempat yang ideal bagi mereka yang mencari liburan pribadi. Mari kita baca bagian berikut.

1. Kepulauan Gili
  • Pulau-pulau kecil berpagar karang ini terkenal dengan pantainya yang berpasir putih dan merupakan tempat yang ideal bagi mereka yang tertarik pada matahari dan pasir. Tempat ini juga menawarkan kesempatan luar biasa untuk snorkeling. Tidak adanya mobil dan penjaja menambah kesenangan.
2. Kuta
  • Kuta adalah resor pantai Lombok yang akan datang. Tempat ini menawarkan suasana tenang dan santai bagi para wisatawan.
3. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat
  • Museum modern ini memiliki pameran tentang geologi, sejarah, dan budaya Lombok dan Sumbawa, dan patut dikunjungi. Jika Anda bermaksud membeli barang antik atau kerajinan tangan, lihat belati, kain perak atau benang emas, keranjang barang dan topeng.
4. Pura Lingsar
  • Terletak 6 km sebelah timur Mataram-ibu kota Lombok-kompleks candi besar ini, dibangun pada 1714, adalah tempat paling suci di Lombok. Pura ini menggabungkan agama Hindu Bali dan Wektu Telu dalam satu kompleks. Kuil Hindu di bagian utara lebih tinggi dari candi Wektu Telu di bagian selatan. Ini adalah tempat yang sangat menarik bagi mereka yang tertarik pada Wektu Telu, agama asli Lombok.
5. Taman Narmada
  • Ditempatkan sebagai miniaturereplica dari puncak Gunung Rinjani dan danau kawahnya, Taman Narmada mendapatkan namanya dari sungai suci India, Narmada. Kuilnya, Pura Kalasa, masih digunakan dan perayaan Pujawali Bali diadakan di sini setiap tahun.
6. Rinjani
  • Rinjani, gunung tertinggi di Lombok setinggi 3.726 m, adalah gunung berapi aktif. Gunung berapi adalah tujuan populer bagi pejalan kaki dan treks ke kaldera yang umum. Mata air panas yang terletak di sisi timur laut kaldera dianggap memiliki kekuatan penyembuhan yang luar biasa.
7. Senggigi
  • Senggigi adalah tempat wisata paling berkembang di Lombok. Memiliki pantai yang indah dan fasilitas snorkeling yang bagus.

E. Pulau Sulawesi 

Sulawesi berbentuk seperti anggrek tropis. Pulau ini adalah pulau terbesar ketiga di Indonesia dengan luas 172.000 km persegi.

1. Manado
  • Ini adalah ibu kota Sulawesi Utara. Manado menawarkan berbagai medan dengan bukit, gunung berapi, dan dataran tinggi yang indah.
2. Taman Laut Bunaken
  • Taman Nasional Laut Bunaken yang terkenal di dunia, dengan luas 75,26 hektar, terletak sangat dekat dengan Manado dan terdiri dari 5 pulau: Bunaken, Manado Tua, Siladen, Mantehage, dan Nain. Situs menyelam dan snorkeling yang luar biasa menempatkan Taman Laut.
3. Pulau Manado Tua
  • Pulau ini adalah pulau utama grup. Ada jalur pendakian ke puncak yang membutuhkan beberapa jam untuk mendaki, dan menawarkan pemandangan spektakuler dari semua pulau di Teluk Manado. Tempat ini menawarkan peluang luar biasa untuk menyelam dan snorkeling.
4. Kendari
  • Ibukota Sulawesi Tenggara. Ini adalah pusat pemerintahan dan pusat wisata provinsi. Itu terletak di sepanjang lereng bukit dan pantai Teluk Kendari.
5. Air Terjun Moramo
  • Musim gugur itu unik dalam dirinya sendiri. Ini melintasi dataran 2 km, dengan 127 bulu bertingkat yang terpisah, dengan bagian atas air terjun sekitar 100 meter di atas kolam cekungannya. Air terjun ini memiliki tujuh teras utama, masing-masing memiliki kolam pemandian alami sendiri.
6. Teluk Moramo
  • Teluk bersih dan bebas polusi ini hanya satu setengah jam dengan mobil atau speedboat dari Kendari. Pantai-pantai berpasir putih di Teluk Moramo menjadi tuan rumah bagi semua jenis kegiatan air dan olahraga

F. Sumatra 
  • Sumatra adalah tujuan wisata yang lengkap - pantai yang cerah, flora dan fauna yang kaya, sungai besar dan sejarah yang luar biasa. Sumatera memiliki satwa liar terkaya di Indonesia dan karenanya dikenal sebagai "Afrika Asia".
1. Medan
  • Medan adalah ibu kota Sumatera dan pintu gerbang yang ideal bagi mereka yang ingin menjelajahi pulau ini. Arsitektur kota menunjukkan pengaruh Belanda yang kuat. Beberapa atraksi terkenal di kota ini adalah Istana Maimoon, Masjid Raya, bangunan Bank Indonesia, dan Pengadilan Tinggi, Museum Militer Bukit Barisan, dan Museum Sumatera Utara.
2. Berastagi 
  • Kota Berastagi yang indah terletak di dataran tinggi karo sekitar 70 km dari Medan. Kota ini didominasi oleh dua gunung berapi - Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak. Ada banyak pilihan trekking dan margasatwa di Berastagi. Kota ini terkenal dengan buah-buahan, sayuran, dan bunga-bunganya.
3. Danau Toba
  • Terletak pada ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut, danau yang indah ini terletak pada jarak 175 km dari Medan. Danau ini mengelilingi pulau Samosir yang berpenduduk padat dan daerah pedesaannya yang sejuk ditutupi dengan perkebunan tembakau, karet, dan kelapa sawit.
4. Danau Ranau 
  • Danau gunung Ranau yang indah berada di Pegunungan Bukit Barisan di Sumatra Selatan. Ini adalah salah satu danau gunung Sumatra yang paling tidak rusak, dan menawarkan suasana sejuk dan tenang.
5. Aceh
  • Aceh terletak di Sumatra utara. Itu sangat indah tetapi tidak terlalu populer di kalangan pengunjung karena penuh dengan pemberontakan. Islam adalah agama yang dominan di negara ini dan orang-orang mewakili etnis yang berbeda seperti Cina, Indonesia, Tamil, dan Arab. Beberapa tujuan populer di sini termasuk perluasan Taman Nasional Gunung Leuser, pantai, pusat rehabilitasi Orangutan (salah satu pusat rehabilitasi satwa liar terbesar di dunia).

G. Yogyakarta
Yogyakarta dikenal sebagai Jogja Never Ending Asia atau kota pelajar. Itu juga sangat kaya dengan situs bersejarah dan tempat-tempat yang penuh dengan budaya.

1. Kraton Yogyakarta
  • Hadiningrat Ngayogyakarta Keraton atau Kraton Yogyakarta dikenal secara umum oleh masyarakat sebagai salah satu bangunan istana kerajaan nusantara. Istana Sultan adalah istana resmi Kesultanan Yogyakarta hingga 1950 ketika pemerintah Negara Republik Indonesia menjadikan Kesultanan Yogyakarta (bersama-sama Pakualaman) sebagai daerah otonom khusus dengan nama tingkat provinsi di Daerah Istimewa Yogyakarta.
2. Benteng Vredeburg (Benteng Vredeburg)
  • Vredeburg diduga berdiri terkait erat dengan kelahiran Kesultanan Yogyakarta. Perjanjian Giyanti 13 Februari 1755 yang berhasil menyelesaikan perselisihan antara susuhunan Pakubuwono III dengan Pangeran Mangkubumi (Sri Sultan Hamengkubuwono I) adalah hasil politik Belanda yang selalu ingin ikut campur dalam urusan domestik raja-raja Jawa pada waktu itu.
3. Monumen Serangan Umum 1 Maret
  • Monumen ini adalah kompleks benteng dengan Vredeburg. Monumen ini dibangun untuk mengenang serangan militer Indonesia terhadap Belanda, pada 1 Maret 1949. Serangan itu dilakukan untuk membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia masih memiliki kekuatan untuk melawan Belanda. Ketika menyerang, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dipimpin oleh Letnan Kolonel Suharto, komandan Brigade 10 Wehrkreise wilayah III, yang tentu saja setelah mendapat persetujuan dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX sebagai Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta.
4. Tugu Yogyakarta
  • Tugu Yogyakarta adalah sebuah obelisk atau menara, yang sering digunakan sebagai simbol kota Yogyakarta. Monumen ini dibangun oleh Hamengkubuwono I, pendiri istana Yogyakarta. Monumen ini terletak di persimpangan Jl Jenderal Sudirman dan Jl. Pangeran Mangkubumi ini, memiliki nilai simbolis dan merupakan garis magis yang menghubungkan laut selatan, dan Gunung Merapi Yogyakarta. Pada saat meditasi, konon Sultan Yogyakarta pada saat itu menggunakan monumen ini sebagai patokan arah menghadap puncak Gunung Merapi.
5. Taman Budaya
  • Taman Budaya Yogyakarta, awalnya dibangun di daerah Bulaksumur pada 11 Maret 1977 sebagai kompleks Pusat Pengembangan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Peresmian pengembangan kompleks seni budaya dilakukan oleh Sri Sultan Hamengku Buwana IX sebagai Wakil Presiden saat itu. Taman Budaya Yogyakarta awalnya disebut sebagai Budaya Penuh yang diciptakan sebagai sarana dan prasarana untuk menumbuhkan, memelihara, dan mengembangkan budaya, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Bangunan penuh Budaya dibangun dengan dua konsep, yaitu Purse Wurya dan Langembara. Pusat seni Dompet Wurya dengan berbagai fasilitas seperti seni panggung, studio tari, perpustakaan, ruang diskusi, dan administrasi.
6. Candi Borobudur
  • Terletak 40 km (25 mil) dari Yogyakarta. Borobudur adalah salah satu candi paling Budha di dunia. Borobudur adalah salah satu dari 7 keajaiban di dunia. Saat ini, itu adalah tempat wisata paling terkenal di Indonesia.
SurfingSpots 

Terbaik di Indonesia Apakah Anda suka berselancar? Jangan khawatir ada beberapa tempat selancar terbaik di Indonesia. Itu adalah tempat yang sangat menakjubkan.

1. Pantai Plengkung, Banyuwangi
  • Pantai ini terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Ini adalah tempat selancar terbaik di Indonesia. Ombaknya ada di peringkat kedua di dunia dan peringkat pertama adalah Hawaii. Di pantai ini pernah diadakan kompetisi selancar internasional.
2. Pulau Nias, Sumatera Utara
  • Pulau ini memiliki ombak yang fantastis. Gelombang digulung hingga 2 - 15ft. Tempat selancar paling terkenal di pulau ini adalah Pantai Sorake dan Lagundri
3. Nusa Penida & Nusa Lembongan, Bali
  • Tempat ini terletak di Bali. Nusa Penida dan NusaLembongan adalah peringkat ketiga tempat selancar terbaik di Indonesia
4. Pantai Mentawai Sumatera Barat 
  • Mentawai dikenal sebagai tempat selancar terbaik di Sumatera. Ombak besar dapat ditemukan di tempat ini. Tempat paling favorit adalah Pulau Siberut. Anda dapat mencapai tempat ini dengan transportasi darat dan transportasi udara.
5. Pantai Grajangan, Banyuwangi 
  • Pantai ini adalah asal dari tanah G, nama Grajangan. Grajangan terletak 52 km selatan Banyuwangi. Pantai ini memiliki pasir hitam dan gua serta bukit yang menakjubkan. Tempat ini terkenal sejak tahun 1970.

Tempat Favorit untuk Pendaki Gunung di Indonesia

Indonesia memiliki beberapa gunung. Salah satunya adalah tempat favorit bagi pendaki gunung. Apakah Anda suka mendaki gunung? Ini beberapa pilihan untukmu.

1. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
  • Gunung ini memiliki panorama paling indah. Pada Juni hingga Agustus banyak wisatawan domestik atau internasional mengunjungi tempat ini. Suhu sekitar 12 ° C - 20 ° C. Windy terjadi pada bulan Agustus. Anda dapat mendaki gunung ini pada bulan Juli karena cuaca cerah.
2. Kawah Ijen, Jawa Timur
  • Kawah ijen adalah salah satu gunung berapi yang menarik di Indonesia. Itu dikenal sebagai pemandangan yang indah.
3. Gunung Anak Krakatau, Jawa Barat 
  • Krakatau adalah gunung berapi aktif. Terletak di Selat Sunda yang terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Pada tahun 1883, letusan ini mengalahkan 36.000 orang meninggal.
4. Gunung Bromo, Jawa Timur
  • Gunung ini terletak di Jawa Timur. Ini adalah salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Ini adalah gunung paling terkenal di Jawa Timur. Sangat menarik karena di gunung berapi ini terdapat kawah di dalam kawah.
5. KelimutuMountain, Nusa Tenggara Timur
  • Gunung Kelimutu terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Kita dapat menemukan gunung ini di desa Pemo. Gunung ini memiliki tiga danau carter. Danau ini dikenal sebagai Danau Tiga Warna. Sangat menarik karena danau ini memiliki berbagai warna, yaitu merah, biru dan putih. Warnanya bisa berubah secara berkala.
6. Puncak Jayawijaya dan Carstenz
  • KTT ini adalah salah satu dari KTT Tujuh Kontinental. Terletak di Taman Nasional Laurentz, Papua. Selanjutnya, Carstenz Pyramid (4884 mdpl) adalah puncak tertinggi di Asia Tenggara dan Pasifik. Terletak di Gunung Sudirman seri. Diketahui tidak hanya tinggi, tetapi juga tertutup salju.

Tempat Wisata atau Budaya yang Unik di Indonesia

Indonesia memiliki pariwisata yang unik. Berbeda dengan negara lain. Wisata unik Indonesia dapat dilihat di bawah ini:

1. Reog Ponorogo
  • Reog adalah tarian tradisional yang menjadi identitas utama bagi Kabupaten Ponorogo. Festival Nasional Reog diadakan setiap tahun sepanjang peringatan Kabupaten Ponorogo dan perayaan Grebeg Suro. Tarian Reog juga dipentaskan pada malam bulan purnama di paseban, alun-alun kota Ponorogo. Reog bercerita tentang perjuangan untuk seorang pangeran yang akan melamar seorang putri cantik. Reog Ponorogo bercerita tentang pertempuran mitos antara Raja Ponorogo dan mahluk mirip singa yang disebut Singa Barong. Singa Barong adalah topeng besar yang biasanya terbuat dari kulit kepala harimau atau macan tutul, setelah topeng terpasang kipas besar dihiasi dengan bulu merak. Topeng Singa Barong terkenal berat, penari Singo Barong menanggung topeng sekitar 30 - 40kg berat dan didukung oleh kekuatan gigi mereka.
2. Wayang Kulit
  • “Wayang kulit” Jawa ditampilkan dengan boneka kulit yang dipegang oleh dalang, yang menceritakan kisah salah satu episode terkenal dari epos Hindu, Mahabharata atau Ramayana. Ini dilakukan terhadap layar putih sementara lentera di latar belakang menampilkan bayangan karakter di layar, terlihat dari sisi lain tempat para penonton duduk.
3. Wayang Golek
  • “Wayang Golek” (boneka kayu) Jawa Barat didasarkan pada konsep yang sama. Kerajinan Indonesia bervariasi dalam bentuk medium dan seni. Secara keseluruhan orang pada dasarnya artistik dan mengekspresikan diri mereka di atas kanvas, kayu, logam, tanah liat dan batu.

Variety Culinary di Indonesia 

Indonesia dikenal sebagai rempah-rempah. Jadi, Anda bisa menemukan berbagai masakan di Indonesia. Beberapa dari mereka saya dapatkan referensi dari CNNGo dan yang lainnya saya dapatkan ketika saya berlibur di kota lain.

1. Sambal
  • Saus berbasis cabai yang dikenal sebagai sambal adalah makanan pokok di semua meja Indonesia. Piring tidak lengkap kecuali mereka memiliki sesendok penuh hal, kombinasi cabai, pasta udang fermentasi tajam, jus jeruk nipis, gula dan garam semua ditumbuk dengan mortar dan alu. Beberapa restoran menjadikannya daya tarik utama, dengan pilihan yang mencakup mangga muda, jamur, dan durian. Anda dapat menemukan berbagai jenis Sambal di setiap kota di Indonesia.
2. Sate
  • Tusuk sate daging yang lezat ini dimasak di atas bara begitu panas sehingga mereka membutuhkan penggemar untuk menghembuskan asapnya. Entah itu ayam, kambing, daging kambing atau kelinci, potongan-potongan daging yang sudah dibalut itu direndam dalam kunyit, dipanggang, dan kemudian dimandikan dalam saus saus kacang yang lezat. negara-negara sekarang mengklaim sate, tetapi orang Indonesia menganggapnya sebagai hidangan nasional yang disusun oleh pedagang kaki lima dan dipopulerkan oleh pedagang Arab. Setiap vendor mencari perbedaan, tetapi "sate madura" - disajikan dengan kue beras (ketupat) dan mentimun dan bawang yang dipotong dadu - dibedakan dengan gerobak jalanan berbentuk perahu. Untuk sate legendaris yang berasal dari tahun 1950-an, cobalah Sate Ragusa (Jl. Veteran 1 No. 10) dan bersihkan langit-langit setelahnya dengan es krim spaghetti khas Ragusa.
3. Bakso
  • Favorit di antara para siswa, sup bakso gurih ini mendapatkan ketenaran internasional ketika Presiden AS Barack Obama mengingatnya sebagai salah satu favoritnya selama kunjungan ke Jakarta November lalu. Itu mengambil banyak bentuk; bakso - kenyal atau kenyal, ukuran bola golf atau lebih besar - terbuat dari ayam, sapi, babi atau kombinasi amorf semuanya. Dijual sebagian besar dari gerobak dorong yang disebut kaki lima, bakso datang dihiasi dengan bawang merah goreng, telur rebus dan wonton. Bakso dapat ditemukan di setiap kota di Indonesia.
4. Soto
  • Sup daging tradisional ini terdiri dari kaldu dan bahan-bahan yang bervariasi di seluruh nusantara. Versi jalan umum dibuat dari sup sederhana, bening yang dibumbui dengan ayam, kambing, atau sapi. Di Jakarta, rumah dari Betawi asli, soto Betawi terkenal karena ketampanannya yang manis, lembut, dan berbahan dasar santan. Tambahkan bawang merah renyah dan bawang putih goreng, dan sambal sebanyak atau sedikit sesuai selera. Untuk makanan jalanan yang penuh gaya dalam kebahagiaan ber-AC, nikmati Kafe Betawi (Jl. MH Thamrin No. 1, Grand Indonesia; +62 (0) 21 2358 0501). Atau untuk versi Jawa Timur, coba Soto Madura (Jl. Juanda No.16).
5. Nasi goreng
  • Dianggap sebagai hidangan nasional Indonesia, hidangan nasi goreng Asia ini sering dibuat dengan kecap kental manis yang disebut kecap (diucapkan kecap) dan dihiasi dengan acar, acar mentimun dan wortel. Untuk menambah unsur kesenangan pada pengalaman bersantap Anda, cobalah nasi gila (harfiah: nasi gila ") dan lihat berapa banyak jenis daging yang dapat Anda temukan terkubur di antara biji-bijian. Nasi Goreng dapat ditemukan di setiap kota di Indonesia. rasa masing-masing berbeda.
6. Gado-gado
  • Secara harfiah "campuran-campuran," istilah gado-gado sering digunakan untuk menggambarkan situasi yang semuanya bercampur aduk - Jakarta, misalnya, adalah kota gado-gado. Namun, sebagai makanan, ini adalah salah satu hidangan paling terkenal di Indonesia, yang pada dasarnya adalah salad sayuran. Pada dasarnya adalah kacang panjang rebus, bayam, kentang, jagung, telur dan tauge ditambah dengan mentimun, tahu dan tempe. Gado-gado menjadi lebih manis saat Anda melakukan perjalanan ke timur melalui Indonesia - tetapi warga Jakarta bersumpah dengan saus mete di Gado-Gado Boplo (Jalan Panglima Polim 4; +62 (0) 21 724 8334).
7. Nasi uduk
  • Makanan favorit abadi di antara penduduk asli Betawi, hidangan ini berkisar pada nasi yang dimasak dengan santan dan termasuk kincir berbagai jenis daging dan sayuran. Itu hampir selalu termasuk ayam goreng, telur rebus dan tempe (kue kedelai) dengan ikan teri dan atasnya dengan emping (kerupuk kacang melinjo). Ini murah, cepat, dan populer di kalangan orang banyak saat makan siang. Hampir berusia empat dekade dan masih kuat, Nasi Uduk Babe Saman (Kebon Kacang 9; +62 (0) 21 314 1842) memadati semua orang mulai dari pelajar hingga selebriti pagi, siang dan malam.
8. Nasi padang
  • Orang Singapura mungkin mengatakan mereka tidak bisa hidup tanpanya, tetapi nasi padang, dinamai dari kota kelahirannya di Sumatra, adalah 100 persen orang Indonesia. Pilih dari lebih dari selusin hidangan - kari goopy dengan kepala ikan mengambang atau kaki sapi karet - yang ditumpuk di atas meja Anda. "Itu selalu terlihat sangat mati," kata seorang teman. Memang, otak tidak banyak meninggalkan imajinasi. Buang alat makan dan gali dengan tangan Anda lalu basuh bumbu tersebut dengan teh es. Cobalah Simple atau pergilah ke Garuda Nasi Padang; Jl. Gajah Mada, Medan, Sumatra.
9. Gudeg Cocok
  • Untuk seorang sultan mungkin tidak, tetapi gudeg tentu saja merupakan tanda tangan dari kota kerajaan Yogyakarta. Rebusan nangka manis direbus selama berjam-jam dalam santan dan gula aren, membuat buahnya begitu lembut dan empuk hingga hancur berkeping-keping. Bumbu-bumbu lainnya dilemparkan ke dalam campuran tetapi daun jati memberikan warna cokelat. Seperti nasi uduk, disajikan dengan nasi, telur rebus, ayam dan kulit sapi goreng yang renyah. Gudeg adalah salah satu makanan tradisional di Yogyakarta.
10. Rawon
  • Daging sapi rebus dari Jawa Timur yang banyak mengandung kacang keluak untuk memberikan rasa pedas dan warna hitam pekat. Basis sup juga bercampur dengan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit dan cabai merah agar terasa enak dan pedas. Varian yang paling terkenal, Rawon Setan (harfiah sup Setan) ditemukan di Surabaya (Jl. Embong Malang).
11. Pecel Lele
  • Pemandangan lele goreng mungkin mengejutkan pengunjung pertama kali karena terlihat hampir sama seperti hidup - bola mata dan semua. Disajikan dengan nasi dan sambal merah dan hijau, ini adalah ongkos jalan sederhana yang mengisi perut, yang mungkin menjadi alasannya menonjol di Jakarta. Jika Anda ingin menjadi penduduk asli, pergilah ke Bakmie GM di dekat Sarinah Mall dan cari spanduk “Pecel Lele” yang melindungi pengunjung dari jalan saat mereka menggali daging panggang yang manis.
12. Opor ayam
  • Pengunjung kecil, yang disebut warungs, sekarang menjual hidangan tradisional ayam rebus ini dalam santan setiap hari. Namun, tetap menjadi makanan pokok di meja di sekitar akhir Ramadhan, ketika disajikan dengan kue beras (ketupat). Sedikit seperti kari yang ringan, agak kapur dengan waktu persiapan yang lebih sedikit, itu diisi dengan rempah-rempah khas Indonesia - bawang putih, jahe, jintan dan ketumbar. Untuk melihat bagaimana cara ibu membuatnya, lihat Warung Endang Ibu (Jl. Cipete Raya di seberang Epilog).
13. Babi guling
  • Pork tidak biasa di negara mayoritas Muslim ini, tapi kami harus menyertakan babi panggang panggang mengingat histeria dekat yang dihasilkan di pulau Hindu Bali. Orang Bali menghargai makanan mereka dan menaruh perhatian besar pada persiapannya. Sebelum spitroasting babi mereka memandikannya dalam air kelapa dan menggosoknya dengan cabai, kunyit, bawang putih dan jahe untuk memastikan succulence. Lihat mengapa orang-orang terbang dari Jakarta untuk membungkus babi yang berkulit renyah di Warung Ibu Oka (Jl Suweta, Ubud), tetapi pastikan untuk sampai di sana sebelum jam 3 malam
14. Gulai
  • Gulai adalah nama umum untuk masakan kari, yaitu dari Sumatera Utara. Kari Indonesia memiliki variasi regional yang tergantung pada jenis daging dan ikan yang tersedia - meskipun gulai hampir selalu memasukkan kayu manis. Opor dan rendang dapat dianggap gulais, tetapi lebih baik untuk mencoba pelangi pilihan lain. Untuk kari kepala ikan yang tajam, cobalah Pagi-Sore, waralaba nasional yang berasal dari Sumatra (Jl. Pondok No. 143, Padang).
15. Bubur ayam
  • Dari pekerja kerah biru hingga menteri pemerintah, hampir setiap orang memulai hari mereka dengan bubur beras ini, bubur gurih yang disajikan dengan kecap, bawang merah goreng, ayam suwir, kacang dan kerupuk. Variasi luar Jawa dapat mencakup jagung, singkong, dan ikan, sementara versi yang lebih manis - bagi mereka yang memilih untuk tidak memulai hari mereka dengan ledakan cabai - dibuat dengan kacang hijau. Bubur ayam juga populer di dini hari. Bergabunglah dengan para penggemar larut malam di Bubur Ayam Mang Oyo, Jl. Sulanjana (dekat Gasibu), Bandung.
16. Asinan Sayur
  • Ketika selera mendambakan kebalikan dari rasa manis Jawa, salad sayuran acar ini menawarkan penangguhan hukuman. Rahasianya ada di balutan, saus kacang tipis diaduk dengan gula aren untuk mengimbangi buncis asin daun sawi, wortel, kol dan mentimun yang diawetkan. Cracker krupuk berasal dari cakram kuning yang dibuat dengan mie telur. Yaya telah melayani mangkuk Asinan selama 22 tahun di luar toko Ice Cream Ragusa yang ikonik (Jl. Veteran 1No. 10.). Ia juga membuat salad cumi-cumi kering yang disebut juhi.
17. Cah kangkung
  • Atau dikenal sebagai bayam air, rumput sungai biasa, kangkung digoreng dengan kecap manis, irisan bawang putih besar, cabai rawit, dan terasi udang untuk diambil dari makanan orang miskin hingga sesuatu dengan tendangan. Karena tumbuh dengan baik di semua jenis tanah, itu adalah bahan umum dalam hidangan di seluruh Asia. Di sini cah menunjukkan asal Cina-nya. Cobalah bersama gurame di Santika, Jl. Bendungan Hilir di seberang pasar.
18. Pepes ikan
  • Pepes menandakan pengukusan makanan dalam daun pisang, yang memberinya rasa bersahaja yang bekerja dengan baik dengan rempah-rempah Manadon yang kaya (woku) yang digabungkan dengan itu. Ketika dicocokkan dengan tuna hasilnya adalah hidangan padat, berapi yang menyimpan rasa yang berbeda, tetapi harus dimakan dengan hati-hati. Beautika (Jl. Hang Lekir No. 1; +62 (0) 21 722 6683) melakukan yang terbaik dengan menyiramnya dalam cabai dan menempatkan ikon lada di menu - maksimum tiga lada memiliki sikap serius.
19. Nasi Pecel
  • Nasi Pecel adalah salah satu makanan tradisional di Madiun, Jawa Timur. Nasi pecel adalah hidangan nasi Jawa yang disajikan dengan pecel (sayuran yang dimasak dan saus kacang). Sayuran biasanya kangkung atau kangkung, kacang panjang, daun singkong, daun pepaya, dan di Jawa Timur sering digunakan kembang turi. Rasanya paling enak bila dimakan dengan tempe goreng dan cracker tradisional yang disebut peyek. Coba ini di Jl. H.O.S Cokroaminoto Madiun (Di depan Fire Club).
20. Pempek
  • Menurut pengetahuan, nama pempek mengacu pada lelaki tua Cina yang pertama kali memproduksi ikan dan kue tapioka dari Palembang di Sumatra Selatan. Sekarang spesialisasi Palembang, pempek atau empek-empek hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Yang paling terkenal, kapal selam, secara harfiah kapal selam, berisi telur ayam dan dikabarkan sebagai bentuk paling bergizi dari bola adonan seperti sepon, yang ditaburi bubuk udang dan disajikan dengan cuka, saus celup gelap yang terbuat dari cuka, cabai dan gula .Coba Pempek Wak Ayah Lemak di Kebon Sirih, Palembang.
21. Sayur asem
  • Sup yang jernih dan menyegarkan ini berasal dari asam jawa yang cocok dengan makanan goreng karena diisi dengan sayuran dan beberapa bahan Indonesia yang paling menarik: melinjo, bilimbi, chayote. Kerabat yang sangat dekat yang disebut sayur lodeh dibuat dengan santan dan rasanya lebih manis. Secara berlawanan, hidangan Jawa Barat ini enak di Warung Surabaya (Jl. DR. Abdul Rachman Saleh).
22. Sop buntut
  • Direvitalisasi oleh koki di Hotel Borabodor pada tahun 1973 setelah seorang staf makanan dan minuman melihat seorang menteri pemerintah makan mangkuk di jalan, sup buntut dicintai oleh orang Indonesia dari semua kelas. Versi kelas atas - sekarang menjadi domain korps diplomatik Indonesia - menggunakan daging sapi impor Australia, 7.000 kilogram sebulan tepatnya, dan dilengkapi dengan nasi, acar, jeruk nipis dan sambal. Untuk outlet yang kurang megah, cobalah Sop Buntut Bogor Café (Pacific Place Mall, level 5; +62 (0) 21 5797 3238).
23. Ketoprak
  • Jangan bingung dengan drama teater dengan nama yang sama yang memerankan kembali legenda Jawa, Ketoprak ini dibuat dari bihun, tahu, kue beras dikemas dan tauge. Ini melengkapi kuintet hidangan berbasis alu-dan-mortar yang mencakup gado-gado dan pecel, dan merupakan hidangan jalanan sederhana yang rasanya sebagian besar kacang dan rempah-rempah tetapi penuh dengan karbohidrat. Pedagang kaki lima mana pun bisa melakukannya, tetapi untuk mencegah perut yang lucu cobalah Gado-Gado Kartika (Jl. Pinang Emas III; +62 (0) 21 750 8846).
24. Balado terong
  • Warna hidangan ini cukup untuk mengatur selera. Tidak lebih dari terong ungu panggang dengan banyak saus sambal yang terbuat dari pasta udang kering (balacan), ia membutuhkan porsi besar dari nasi untuk meredam rasa api-mesin. Nikmati suasana kurang cahaya di Seribu Rasa (Jl. Haji Agus Salim 128; +62 (0) 21 392 8892), yang menyenangkan dalam penggunaan balacan.
25. Lontong sayur
  • Dididihkan selama berjam-jam dalam selubung daun kelapa, kue beras ketan yang dikenal sebagai lontong adalah salah satu kendaraan terbaik untuk dipasangkan dengan saus dan kari kacang yang kental. Ini berfungsi sebagai dasar untuk favorit pagi yang gurih ini, kari santan yang dibuat dengan pepaya muda, tahu yang direbus dengan kedelai dan telur rebus. Hancur krupuk menambahkan sedikit kegentingan untuk membuat Anda pergi. Pak Sule menarik pengunjung ke kiosnya di luar gedung ANZ di Jl. Gatot Subroto sebelum pukul 10 pagi
26. Rendang
  • Mungkin kari Padang yang paling terkenal, rendang bukan makanan sehari-hari karena butuh waktu dan keterampilan untuk membuatnya. Rahasianya ada di saus, yang membungkus daging sapi selama berjam-jam sampai, idealnya, dagingnya sangat empuk. Versi kering, yang dapat disimpan selama berbulan-bulan (seperti tersentak) disediakan untuk tamu terhormat dan perayaan penting. Jika Anda mampir ke Sederhana (Jl. Gandaria Tengah III No. 23; +62 (0) 21 725 0172) untuk Padang, Anda tidak dapat membiarkan piring ini melewati Anda.
27. Sop kambing
  • Jika Indonesia pernah menjadi cukup dingin sehingga mengharuskan sop sop musim dingin menjadi lebih populer. Sup yang kuat dengan kaldu kuning penuh seledri, tomat, dan potongan besar daging kambing, hidangan ini bisa membuat sup pria Campbell bergetar. Berhati-hatilah jika Anda memiliki tekanan darah tinggi karena hidangan akan memanaskan Anda. Jahe, daun jeruk nipis, kemiri dan daun bawang memberikan aroma pedas yang menambah rasa segar yang bersahaja. Cobalah Sop Kaki Kambing (Jl. Kendal) yang terletak di antara deretan restoran pinggir jalan.
28. Ikan bakar
  • Ikan bakar, polos dan sederhana. Tetapi di negara dengan lebih dari 17.000 pulau, ikan pasti akan tampil menonjol. Sementara cumi-cumi dan udang memiliki tempat dalam masakan Indonesia, ikan bakar mendapatkan penampilan yang jauh lebih baik untuk tekstur berdaging yang bagus untuk dicelupkan. Biasanya direndam dalam bumbu khas rempah-rempah dan disajikan dengan kecap asin dan cabai. Cobalah gurame, bintang Sunda, di Ikan Bakar Cianjur (Jl. Cipete Raya No. 35; +62 (0) 21 7590 0222).
29. Daun pepaya
  • Pepaya adalah salah satu pohon dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, dan daunnya yang pahit sangat bagus untuk menumis. Hidangan ini umum di Manado, tetapi variasi regional telah membuatnya populer di antara kerumunan pemakan daun dan biji, sekelompok besar di Indonesia. Untuk versi yang tajam, pergilah ke Bumbu Desa (Jl. Suryo No. 38; +62 (0) 21 720 1244).
30. Otak-otak
  • Kue ikan terkenal lainnya dari Palembang, otak-otak memiliki penampilan yang lebih menarik, karena dibungkus dengan daun pisang sebelum dipanggang di atas arang. Orang Sumatra asli memakannya dengan cabai merah dicampur dengan kecap fermentasi, tetapi di Jakarta disajikan dengan saus kacang Jawa yang ada di mana-mana. Pilih beberapa paket kecil dari vendor sepeda, atau makan dengan gaya di Harum Manis (Jl. Mas Mansyur No. 26; +62 (0) 21 5794 1727), di mana rasa ikan yang lembut cocok dengan es bergaya Indonesia krim.
31. Martabak
  • Bayangkan sebuah kain krep tebal yang dibuat dengan 10 kali lemak babi dan Anda akan agak dekat dengan pencitraan martabak. Versi manisnya lebih mirip pancake yang diisi dengan cokelat lengket, kacang, atau keju, sedangkan yang gurih dibuat dari pastry yang renyah seperti filo yang diratakan dalam wajan karena telur dan daging cincang dengan cepat dilipat. Dibungkus dengan acar mentimun dan cuka asam manis. Martabak Ayah; Jl TWK Mohd Daudsyah, Banda Aceh.
32. Tahugejrot
  • Awan tahu emas goreng ini terlihat seperti bungkusan kecil di balik jendela kotak tempat mereka dijual. Tahu adalah camilan pria miskin, tetapi itu juga membuatnya lazim. Mengawasi vendor yang mengangkut tumpukan tahu goreng halus dari perangkat yang tersampir di bahu mereka. Untuk versi yang diseduh dengan kecap manis dan cabai dan disajikan dalam alu dan mortar, pergilah ke Menteng Plaza (Jl. HOS Cokrominoto) .
33. Siomay
  • Anggap saja itu versi dim sum Indonesia - pangsit ikan kukus tradisional yang dikenal di Cina sebagai shaomai. Sebagian lengkap disajikan dengan kentang rebus, kol, telur, dan labu pahit, dan disajikan dengan saus kacang rebus mirip dengan gado-gado. Mungkin makanan jalanan yang paling banyak ditemui di Indonesia, cara terbaik untuk makan siang siomay adalah dari penjual sepeda, yang mengangkut kapal uap besar di belakang sepedanya. Untuk yang kurang sehat, alternatif untuk siomay adalah batagor, yang digoreng sebagai gantinya dari dikukus. Siomay Pak Lili di Jl. Geger Kalong Girang, Bandung.
34. Bakpia
  • Bakpia Pathok adalah roti gulung kecil berbentuk bulat Indonesia, biasanya diisi dengan kacang hijau, tetapi baru-baru ini juga hadir dengan isian lain (mis. Cokelat, durian, dan bahkan keju). Mereka adalah salah satu spesialisasi Yogyakarta dinamai "pinggiran" di kota ini (Pathok) di mana kue-kue manis ini berasal. Gulungan manis ini mirip dengan "pia" Indonesia yang lebih besar, satu-satunya perbedaan adalah ukuran. Mereka dikemas secara komersial dalam kotak-kotak kecil dan dijual di banyak toko makanan di Yogyakarta. Bakpia dipengaruhi dan berasal dari roti manis Cina. Mereka dibeli oleh pengunjung Yogyakarta sebagai hadiah untuk teman dan keluarga. Itu dijual di banyak toko Bakpia di sekitar Yogyakarta, juga di banyak toko kecil.
35. Madumongso
  • Madumongso adalah makanan ringan yang terbuat dari beras hitam sebagai bahan dasarnya. Manis dicampur dengan rasa asam karena nasi hitam diproses terlebih dahulu sebelum difermentasi (melalui proses fermentasi). Setelah itu baru diolah lagi dengan menambahkan gula, santan, dan beberapa buah nanas sebelum dimasak hingga menjadi seperti alunkhead / bubur. Madumongso biasanya dibungkus kertas minyak warna-warni. Beberapa teman orang Amerika saya mengatakannya seperti anggur. Madumongso yang paling terkenal adalah Tawon, Anda dapat menemukannya di Madiun
36. Gorengan
  • “Makanan goreng,” gorengan adalah makanan ringan paling produktif di seluruh Indonesia. Gerobak jalanan biasanya menawarkan nugget emas tempe, singkong dan tahu yang renyah, serta pisang goreng, ubi jalar, sayuran goreng yang dibuat dari parutan wortel, kol dan tauge serta fermentasi kue kedelai. Mampirlah ke kaki lima mana saja dan berjalan pergi dengan pembungkus berita bernoda minyak dengan topping segenggam cabai hijau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel