Perbandingan Ciri-ciri System Kesehatan Dilihat dari Pelayanan Kesehatan Negara Indonesia dan Singapore

Taraf kehidupan penduduk negara berkembang yang masih rendah juga berdampak pada tingkat kesehatan penduduknya. Pada umumnya penduduk negara berkembang belum memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan. Minimnya sarana dan prasarana kesehatan menyebabkan tingkat kesehatan rata-rata penduduk di negara berkembang masih rendah juga ditandai dengan angka kematian dan angka kelahiran tinggi, sedangkan angka harapan hidup rendah.
Contoh negara berkembang yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, India, Vietnam.

A. Pelayanan Kesehatan Negara Indonesia
            Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 H ayat (1) menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Sedangkan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 34 menyatakan  bahwa :
  • Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara ( ayat 1 )
  • Negara mengembangkan system jaminan social bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai martabat kemanusiaan ( ayat 2 )
  • Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak ( ayat 3 ). Sedangkan Undang Undang Nomor 23  Tahun 1992 tentang Kesehatan pasal 4 menyatakan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh derajat kesehatan yang optimal
            Dengan landasan hukum di atas, pemerintah telah melakukan berbagai upaya agar dapat dicapai pemerataan pelayanan kesehatan sampai ke pelosokpelosok, diantaranyaadalah mendirikan  puskesemas minimal 1 buah di setiap kecamatan dan menempatkan perawat serta bidan di desa.
Adapun pelayanan kesehatan yang di berikan pemerintah lainnya berupa :

  1. pemberian subsidi dan sumber biaya bagi pasien yang miskin, Bagi pasien yang disubsidi, faktor biaya harus diperhatikan karena pemberi subsidi tidak berharap bahwa uang yang disumbangkan akan dipergunakan secara tidak efisien oleh rumah sakit
  2. Rumah sakit memberikan pelayanan bagi keluarga miskin sama mutunya dengan untuk orang kaya.
B. Pelayanan Kesehatan Negara Singapore
  • Keunggulan, Keamanan dan Kepercayaan
            Pelayanan klinis di Singapura mengedepankan keunggulan, keselamatan dan kepercayaan, dengan fasilitas berakreditasi internasional dan dokter-dokter yang terlatih diberbagai pusat kesehatan terbaik di dunia. Sistem pelayanan kesehatan Singapura menduduki peringkat keenam terbaik dunia dan teratas di Asia menurut Organisasi Kesehatan Dunia WHO tahun 2000. Di samping itu, 13 rumah sakit dan pusat kesehatan di Singapura telah mendapat akreditasi Joint Commission International (JCI).
            Di luar berbagai sertifikasi internasional di atas, kualitas pelayanan kesehatan Singapura juga tampak dari sejumlah indikator klinis yang diterbitkan. Banyak penyedia pelayanan kesehatan Singapura menerbitkan angka-angka keberhasilan di situs web masing-masing; angka-angka tersebut dapat disejajarkan dengan standar internasional, bahkan melampauinya.
  • Transparansi Sistem
            Departemen Kesehatan Singapura menjaga sistem perawatan kesehatan yang transparan dengan mempublikasikan secara online informasi dan statistik vital seperti statistik pengendalian infeksi dan rata-rata biaya rumah sakit untuk prosedur perawatan umum. Dengan transparansi ini profesional medis dapat merespons secara efektif dan cepat skenario yang selalu berubah-ubah dan pasien dapat mengambil keputusan dengan pertimbangan yang lebih matang terkait pilihan perawatan mereka.
  •  Pusat Medis Terkemuka
            Singapura adalah pusat medis regional yang kaya sisi, tidak hanya bagi pelayanan perawatan kesehatan tetapi juga sebagai tempat bertemunya para pakar medis untuk konferensi dan pelatihan, sebagai basis konsultasi perawatan kesehatan dan manajemen operasi, dan sebagai pusat penelitian dan uji coba klinis.
  •  Keunggulan Pelayanan
            Penyedia pelayanan kesehatan di Singapura berfokus pada pelanggan dan berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang efisien dengan bantuan teknologi maju dalam lingkungan pelayanan kesehatan yang terkelola dengan baik. Kebanyakan fasilitas pelayanan kesehatan di Singapura memiliki Pusat Pelayanan Pasien Internasional khusus untuk menangani kebutuhan pasien internasional, mulai dari pencarian informasi awal dan sambutan di bandara, hingga layanan penerjemah dan dukungan bagi keluarga pasien, pemulangan pasien dan tindak lanjut pasca perawatan setelah pasien pulang ke negaranya.Penyedia perawatan kesehatan terbaik Singapura memiliki fasilitas yang setara dengan hotel bintang lima. Pasien dirawat dan memulihkan diri di lingkungan yang eksklusif dan berprivasi.
  • Keterjangkauan
            Biaya menjadi pertimbangan penting bagi banyak pasien internasional. Misalnya, bagi pasien tanpa asuransi atau berasuransi kecil dari Amerika, perawatan di Singapura hanya memakan biaya kurang lebih seperlima dibandingkan biaya di negara asal mereka. Biaya tersebut setara dengan biaya yang diberikan oleh tujuan-tujuan wisata medis Asia terkemuka lainnya. Bahkan setelah menghitung biaya akomodasi dan perjalanan bagi pasien dan pendampingnya, biaya yang dapat dihemat masih cukup signifikan. Di samping biaya yang terjangkau ini, pasien di Singapura dijamin menikmati perawatan kelas dunia dan hasil klinis yang memuaskan.
  •  Aksesibilitas dan Kenyamanan
            Singapura adalah kota internasional yang menyambut orang dari segala budaya. Bandara Internasional Changi yang menghubungkan 180 kota diseluruh dunia, yang menjadikan Singapura sebagai negara yang sangat mudah diakses. Transportasi dan aksesibilitas di negara ini juga tidak kalah mudah dan nyaman. Bahasa Inggris menjadi bahasa utama untuk pendidikan dan bisnis, dan orang di Singapura tinggal dalam lingkungan yang sangat aman dengan tingkat kriminalitas yang rendah. Di kota yang mengakomodasi beragaman etnis dan budaya ini,
  • Ketenangan Pikiran Saat Kesehatan Dibutuhkan
            Pengunjung di Singapura dijamin menikmati perawatan medis kelas dunia dalam lingkungan yang aman dan mengakomodasi keragaman budaya dan agama. Singapura benar-benar sebuah tujuan bagi wisatawan medis agar mereka dapat menikmati ketenangan pikiran saat kesehatan dibutuhkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel