Dampak yang di Timbulkan oleh Kemajuan IPTEK

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Kecendrungan untuk mengembangkan teknologi tepat atau teknologi madya, termasuk di dalamnya untuk diterapkan dalam bidang industri merupakan akibat langsiung dari pengalaman pembangunan dunia ektiga selama decade 50 an dan mendapat penekanan kembali pada tahun 70 an ini. Sementara itu, di Indonesia kecendrungan pemilihan teknologi ini merupakan umpan balik setelah merasakan akibat yang nyata dari penerapan strategi revolusi hijau di bidang pertanian dan pola pengembangan industru substitusi import yang padat modal didaerah perkotaan, yang semata merupakan kebutuhan golongan berpenghasilan tinggi. Pengalaman industrialisasi di Negara- Negara berkembang selama ini, termasuk Indonesia ternyata penggunaan teknologi tinggi padat modal menyerap tenaga kerja yang kecil dan secara structural menimbulkan pengangguran masal.



BAB II
PEMBAHASAN


A.     Pangan (Makanan)
Dampak yang di timbulkan oleh kemajuan IPTEK ada yang positif dan ada juga yang negatif. Dampak yang positif antara lain:

1.      Ditemukannya bibit unggul yang dalam waktu singkat dapat di produksi wberlipat ganda.
digunakan mekanikasi pertanian untuk memungut hasil produksi sehingga hasilnya lebih besar bila di bandingkan dengan tenaga Manusia.
2.      Diterapkanya cara pemupukan yang tepat serta digunakannya bakteri yang sanggup memperkuat akar tanaman dengan mengambil zat hara dengan lebih baik sehingga hasil bertambah banyak.
3.      Digunakan bioteknologi (misalnya hormone tumbuhan ), untuk merangsang tumbuh daun ,bunga, atau buah sehingga tumbuh lebih baik.

Dampak negatifnya, antara lain: pemakaian pestisida, ternyata tidak saja dapat memberantas hama tanaman, tetapi juga dapat membunuh hewan ternak, dapat meracuni hasil panen, dan bahkan meracuni Manusia sendiri. Setiap penggunaan teknologi maju disertai adanya dampak negative. Oleh karena itu, kesadaran dan tanggung jawab kita di tuntut lebih tinggi agar efek negatifnya dari kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat di tekan sekecil mungkin.

B.     Sandang (Pakaian)

Dampak dari IPA dan teknologi pada sansang ada yang positif ada pula yang negatif.

Dampak positif antara lain:

a)      Menolong Manusia dalam pengadaan sandang dengan adanya mesin tekstil sehingga mempercepat proses pembuatan pakain.
b)      Telah ditemukanya Serat sintesis, baik yang m,embuat dari PokokPokok kayu yang dip roses secara kimiawi menjadi benang (rayon) maupun dari bahan galian seperti hasi sulingan batu bara dan minyak bumi yang dapat diproses menjadi serat- searat sintesis, seperti polyester, polipropelin, polietilin, dan lain- lain.

Dampak negative, antar lain:

a)      Bahan –bahan yang berupa polimer sintesis yang dalam sehari- hari dinamakanplatik, kalu menjadi sampah tidak dapat dihancurkan oleh bakteri- bakteri pembusuk.
b)      Sampah plastik kalau di bakar akan menyebabkan menipisnya lapisan ozon.Namun, jika tidak dibakar, dapat mencemarkan tanah sehingga mengurangi kesuburan tanah.

C.     Papan (Tempat tinggal)

Dampak positifnya, antara lain:
Dengan menerapkan teknologi maju, Manusia mampu membangun rumah dan gedung- gedung pencakar langit. Orang tidak lagi menggunakan tangga, tetapi cukup dengan menekan tombol  dan dalam beberapa detik saja orang sudah sampai di lantai yang dituju.

Dampak negatifnya, antara lain:
a)      Dengan peralatan moderen, orang dengan sangat mudah membabat hutan untuk pembangunan rumah, gedung, dan sebagainy atau untuk perabotan yang lain. Akibatny hutan menjadi gundul dan jika hujan terrjadi banjir, erosi, pendangkalan sungai, kematian sumber air, hilanya kesuburan tanah yang akhirnya menyengsarakanManusia sendiri.
b)      Dengan diterapkan teknologi moderen, tenaga Manusia banyak yang tidak terpakai sehingga banyak tejadi pengguran.Sebagai akibat dari pengangguran ini timbul kejahatan dimana- mana.


BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
IPTEK sangatlah berperan dalam kehidupan Manusia karena dengan adanya iptek segala bentuk aktifitas/kegiatan Manusia menjadi lebih mudah.Semakin tnggi teknologi yang ditemukan maka semakin tinggi pula dampak negative yang ditimbulkan.Namun untuk mengurangi dampak negative tersebut perlu adanya kesadaran dan tanggung jawab tinggi dari kita sendiri agar efek negative dari kemajuan iptek dapat ditekan sekecil mungkin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel